doctorSHARE Indonesia

Monday, September 16, 2013

Press Release Pelayanan Medis RSA dr. Lie Dharmawan di Bali dan Nusa Tenggara Timur (4-14 September 2013)

doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli melakukan pelayanan medis dengan Rumah Sakit Apung (RSA) dr. Lie Dharmawan di Bali pada 4 – 5 September 2013 dan Pulau Komodo pada 12 September 2013.

Pelayanan medis doctorSHARE di Bali merupakan hasil kerjasama antara dengan Lions Clubs Indonesia MD 307, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, dan RS Sanglah dalam rangka ANZI Pacific Forum III Lions Club dan Dies Natalis ke-51 Universitas Udayana, Bali.

Pelayanan medis ini menerjunkan 9 dokter (termasuk dokter bedah dan spesialis anestesi), seorang perawat, dan 5 relawan non medis. Tim doctorSHARE berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang akan menerjunkan 2 dokter bedah, 2 dokter anestesi, 2 perawat bedah, 2 perawat anestesi, 2 perawat pasca bedah, dan 5 dokter umum.

Pelayanan medis Bali tepatnya berlokasi di dua titik yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Serangan dan RSA dr. Lie Dharmawan yang sandar di Pelabuhan Benoa, Nusa Dua – Bali.

Pengobatan umum berlangsung pada Rabu, 4 September 2013 di yaitu Puskesmas Pembantu (Pustu) Pulau Serangan yang berhasil mengobati 100 pasien dengan jenis penyakit terbanyak hipertensi (darah tinggi), mialgia (nyeri sendi), dermatitis (iritasi kulit), dan cephalgia (sakit kepala).

Pada saat bersamaan, dilakukan pula bedah minor yang berhasil mengobati 8 pasien dengan kasus antara lain ganglion, ateroma, dan lipoma. Lions Clubs International President, Barry J. Palmer beserta rombongan turut hadir di Pustu Serangan dan memberi apresiasinya pada kegiatan ini.

Bedah mayor dalam RSA dr. Lie Dharmawan berlangsung keesokan harinya yaitu Kamis, 5 September 2013. Tiga pasien bedah mayor menderita penyakit FAM (fibroadenoma mammae), lipoma, dan struma (pembesaran kelenjar gondok). Di dalam RSA juga berlangsung bedah minor terhadap dua pasien dengan kasus lipoma dan pemeriksaan USG terhadap seorang ibu dengan suspect myoma uteri.

Pada hari yang sama, Lions Clubs International President, Barry J. Palmer beserta beberapa petinggi Lions Clubs International lainnya berkunjung ke dalam RSA dr. Lie Dharmawan dan memberikan dukungannya terhadap kelangsungan pelayanan medis doctorSHARE.

“Kami berhasil meyakinkan Lions Clubs International President bahwa program Rumah Sakit Apung dari doctorSHARE adalah program kemanusiaan yang berguna bagi masyarakat pra sejahtera dan memang layak untuk dibantu,” papar pendiri doctorSHARE, dr. Lie A. Dharmawan, Ph.d, FICS, Sp.B, Sp.BTKV.

Menggunakan RSA dr. Lie Dharmawan, tim doctorSHARE bertolak menuju Labuan Bajo, Manggarai Barat – Nusa Tenggara Timur untuk melakukan persiapan menyambut Sail Komodo 2013. Dalam ajang internasional ini, doctorSHARE terlibat dalam kepanitiaan pusat Sail Komodo 2013 sekaligus menjadi satu-satunya Rumah Sakit Apung swasta yang mengikuti Sailing Pass dalam acara puncak Sail Komodo.

Pelayanan medis dalam bentuk pengobatan umum dan tindakan bedah berlangsung pada Kamis, 12 September 2013 di Balai Desa Komodo, Pulau Komodo dan RSA dr. Lie Dharmawan dengan tema “Bersama Bangun Jembatan Emas Menuju Nusa Tenggara Timur Sehat dan Sejahtera”.

Pengobatan umum yang diikuti 220 pasien berlangsung di Balai Desa Komodo dengan jenis penyakit terbanyak yaitu hipertensi (darah tinggi), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), mialgia (nyeri otot), gastritis (lambung), dan rematik (nyeri sendi).

Tindakan bedah yang berlangsung di Balai Desa Komodo maupun RSA dr. Lie Dharmawan mencapai 20 pasien dengan beragam jenis penyakit mulai dari struma, lipoma, aterom, dan sebagainya. Secara keseluruhan, masyarakat Desa Komodo menyambut antusias pelayanan medis ini. Antusiasme terlihat dari cukup tingginya jumlah kehadiran masyarakat yang mendaftar dan memeriksakan dirinya.

Pada saat bersamaan, tim doctorSHARE juga melangsungkan pendampingan kesehatan bagi sekitar 80 siswa di SMP Desa Komodo. Pendampingan kesehatan dalam bentuk penyuluhan atraktif ini mengambil topik mengenai HIV/AIDS bertema “Aku Bangga Aku Tahu” yang disimak secara aktif oleh para siswa.

“Selain membantu menyukseskan Sail Komodo 2013 di Labuan Bajo, kami pun menjalankan misi menjangkau masyarakat di pulau terpencil dimana akses pelayanan medis cukup sulit. Ini dibuktikan dengan besarnya antusiasme masyarakat Desa Komodo dalam mengikuti pelayanan medis kali ini,” ujar koordinator lapangan doctorSHARE untuk pelayanan medis di Pulau Komodo, dr. Paulus Lukman.

Selain pelayanan medis di kedua lokasi tersebut, RSA dr. Lie Dharmawan juga menjadi peserta Sailing Pass dalam acara puncak Sail Komodo 2013 yang berlangsung di Pantai Pede, Labuan Bajo – Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 14 September yang turut dihadiri presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono beserta ibu negara dan jajaran pejabat tinggi lainnya.

Dalam Sailing Pass tersebut, RSA dr. Lie Dharmawan yang merupakan satu-satunya Rumah Sakit Apung Swasta di Indonesia, bergabung dalam Divisi 4 yang menjadi penampil pamungkas dari parade 12 kapal perang dan 10 kapal pemerintah bersama 117 perahu layar (yacht) dari 17 negara.

Keikutsertaan doctorSHARE dalam Sail Komodo 2013 merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra), TNI AL, beserta jajaran kepanitiaan Sail Komodo 2013 lainnya. Melalui Sailing Pass, untuk pertama kalinya doctorSHARE secara langsung memperkenalkan profil RSA dr. Lie Dharmawan di hadapan presiden dan para pejabat tinggi negara.

“Dalam acara puncak Sail Komodo 2013, Rumah Sakit Apung milik doctorSHARE diperkenalkan sebagai Rumah Sakit Apung Swasta pertama yang memberikan pelayanan medis gratis di pulau-pulau terpencil. Dengan demikian, kami harap ada donatur-donatur yang mau berpartisipasi dalam proyek ini. Walau berjumpa dengan aneka kendala, kami yakin akan menjadi lebih baik,” tutur dr. Lie Dharmawan.

“Melalui pelayanan medis di Bali dan Nusa Tenggara Timur, saya melihat dan bangga akan Indonesia dengan alam dan budaya yang beragam. Saya berharap pelayanan medis ini makin menambah rasa cinta dan bangga kita terhadap bangsa dan negara,” ujar Sekretaris Jenderal doctorSHARE, dr. Luyanti, MARS.

Usai Bali dan Nusa Tenggara Timur, pada akhir bulan September 2013 hingga awal Oktober 2013 doctorSHARE akan melanjutkan misi pelayanan medis-nya ke Kei, Maluku Tenggara yang menjadi lokasi awal tercetusnya ide Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan.

Sebelumnya, doctorSHARE dengan RSA dr. Lie Dharmawan-nya telah melakukan pelayanan medis ke berbagai penjuru Indonesia yaitu Pulau Panggang – Kepulauan Seribu (16-17 Maret 2013), Belitung Timur (2-4 April 2013), Ketapang – Kalimantan Barat (12-14 April 2013), Pontianak – Kalimantan Barat (11-13 Juni 2013), dan Bangka Tengah (17-19 Juni 2013).

KM RSA DR. LIE DHARMAWAN berukuran panjang 25,13 meter dan lebar 6,82 meter. RSA yang diresmikan pada 6 Juni 2013 ini memiliki fasilitas rumah sakit seperti kamar bedah, kamar EKG, USG & Rontgen, Laboratorium, Ruang Rawat Pasien, Ruang Resusitasi, Kamar Dokter, dan sebagainya.

***

Profil Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan
Nama Kapal                   : KLM RSA dr. Lie Dharmawan
Nama Panggilan Kapal    : YC-7342

Pemilik                          : Yayasan Dokter Peduli
Panjang Kapal                : 25,13 Meter
Lebar Kapal                    : 6,82 Meter
Draft Kapal                     : 4 Meter

Tonase Kotor (GT)          : 173 GT
Tonase Bersih (NT)         : 52 NT

Tahun Pembangunan       : 2002
Penggerak Utama            : Motor
Mesin Induk                    : MITSUBISHI 8DC11 - 340 PK
Bahan Utama Kapal         : Kayu
Jumlah Baling-Baling        : Satu

Kecepatan Kapal          
a.      Maksimum             : 10 Knots
b.      Normal                   : 8 Knots
c.       Ekonomis               : 6 Knots

Kapasitas Tangki                            
a.     Tangki utama           : 5.000 Liter    
b.     Tangki cadangan      : 2.200 Liter

Bahan Bakar                     : Solar/HSD
Tanda Selar                      : GT.173 No.6786/Bc
Jenis Kapal                       : Pinisi

No comments:

Post a Comment